Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H. Fuad Nashori, M.Si., Psi.,
dc.contributor.advisorRatna Syifa‟a Rachmahana, S.Psi., M.Psi., Psikolog
dc.contributor.authorMUTMAINNAH
dc.date.accessioned2018-07-05T09:19:37Z
dc.date.available2018-07-05T09:19:37Z
dc.date.issued2018-06-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8239
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana intervensi Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dapat menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang minimal berada di semester III. Selanjutnya partisipan diklasifikasikan dalam dua kelompok, 12 orang kelompok eksperimen dan 12 orang kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala stres akademik untuk menentukan tingkat stres akademik yang dimiliki oleh subjek penelitian. Alat ukur yang digunakan oleh peneliti mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Olejnik dan Holschuh (2007) yang terdiri dari 38 item yang disusun sendiri oleh peneliti. Uji hipotesis menggunakan analisis Mann Whitney U Test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa intervensi pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dapat menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa Kedokteran.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStres Akademiken_US
dc.subjectPelatihan Spritual Emotional Freedom Techniqueen_US
dc.titleEfektivitas Pelatihan Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteranen_US
dc.typeMaster Thesisen_US
dc.Identifier.NIM14915030


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record