STRATEGI PEMASARAN KSPPS TAMZIS BINA UTAMA CABANG YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Informasi tentang KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Yogyakarta dan produk-produk yang ditawarkan belum terlalu dikenal luas oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya strategi pemasaran yang dilakukan khususnya promosi. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat memperluas pasar, meningkatkan jumlah anggota, meningkatkan laba dan menjaga eksistensi KSPPS Tamzis Bina utama di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang strategi pemasaran yang diterapkan KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga berisi analisis strategi pemasaran KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Yogyakarta dilihat dari perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mendiskripsikan, menganalisis data hasil penelitian dan kemudian dibuat kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan diterapkan, KSPPS Tamzis Bina Utama terlebih dahulu melakukan segmentasi, targeting, positioning dan diferensiasi untuk melihat peluang-peluang yang ada di pasar sasaran. Selain itu, dalam strategi pemasarannya KSPPS Tamzis Bina Utama juga menerapkan konsep bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang (SDM), bukti fisik dan proses) yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Strategi pemasaran KSPPS Tamzis Bina Utama menerapkan prinsip kekeluargaan atau tolong menolong yang sesuai dengan prinsip dasar koperasi dan nilai Islam serta memberikan pelayanan jemput bola untuk anggota. Strategi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan loyalitas anggota dan memudahkan anggota dalam melakukan transaksi.
Collections
- Islamic Economics [826]