PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DI SMP YAYASAN PENDIDIKAN SANDEN BANTUL
View/ Open
Date
2018-06-06Author
Salma atik gousiatal majidah, 14422084
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar Baca Tulis Al Quran pada siswa SMP Yayasan Pendidikan Sanden Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Baca Tulis Al Quran menggunakan media kartu huruf (2) meningkatkan prestasi belajar Baca Tulis Al Quran menggunakan media kartu huruf .
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap sebelum menggunakan tindakan dan tahap sesudah menggunakan tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Yayasan Pendidikan Sanden Bantul yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan motivasi dan prestasi belajar Baca Tulis Al Quran menggunakan media kartu huruf..Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan t-test yaitu mencari perbandingan nilai sebelum dan sesudah menggunakan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan motivasi belajar Baca Tulis Al Quran siswa SMP Yayasan Pendidikan Sanden Bantul. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar sebelum menggunakan tindakan 65,8 dan sesudah menggunakan tindakan 68,5. (2) Penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan prestasi belajar Baca Tulis Al Quran siswa SMP Yayasan Pendidikan Sanden Bantul. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar sebelum menggunakan tindakan sebesar 55,9 dan sesudah menggunakan tindakan .sebesar 79.
Collections
- Islamic Education [862]