EVALUASI FASILITAS PARKIR DI STASIUN LEMPUYANGAN, YOGYAKARTA GUNA MENUNJANG PARK AND RIDE
Abstract
Park and ride merupakan salah satu alat travel demand management yang bertujuan untuk
mengurangi jumlah kendaraan yang menggunakan jaringan jalan. Konsep park and ride pada
umumnya dikembangkan bersamaan dengan perbaikan sistem transportasi umum massal,
khususnya kereta api. Dalam rangka pengimplementasian konsep park and ride di Stasiun
Lempuyangan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir sepeda motor yang
menggunakan fasilitas park and ride, yaitu sepeda motor yang parkir 5 jam atau lebih, menghitung
kebutuhan parkir pada saat ini dan dimasa mendatang, dan menganalisis kriteria fasilitas park and
ride di Stasiun Lempuyangan.
Analisis kebutuhan parkir sepeda motor di Stasiun Lempuyangan dapat dilakukan dengan
melakukan analisis karakteristik parkir terlebih dahulu. Analisis karakteristik parkir meliputi
akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, kapasitas parkir statis, kapasitas parkir dinamis,
indeks parkir dan pergantian parkir. Data yang diperlukan untuk menganalisis karakteristik parkir
berupa data masuk dan keluar kendaraan yang parkir beserta waktunya. Data tersebut diperoleh
dari survei langsung di Stasiun Lempuyangan. Perkiraan kebutuhan parkir dimasa mendatang
dilakukan dengan metode Matematis Proyeksi menggunakan angka rasio pertumbuhan jumlah
sepeda motor. Analisis kriteria fasilitas park and ride dilakukan dengan menilai bentuk fisik secara
visual dan selanjutnya diberikan bobot penilaian dengan metode perhitungan statistik.
Karakteristik parkir sepeda motor di Stasiun Lempuyangan diperoleh nilai akumulasi
puncak sebesar 355 kendaraan pada hari Sabtu, 18 November 2017 pukul 12:00 – 13:00 dan pukul
12:15 – 13:15. Volume parkir puncak sebesar 406 kendaraan. Durasi rata-rata tertinggi adalah
11,864 jam. Kapasitas statis ruang parkir diketahui sebesar 430 Satuan Ruang Parkir (SRP),
sedangkan kapasitas dinamis ruang parkir maksimum sebesar 599 SRP. Indeks parkir tertinggi
sebesar 82,56 %. Pergantian parkir maksimum sebesar 0,94 Kendaraan/SRP. Perkiraan kebutuhan
ruang parkir pada 5 tahun mendatang atau pada tahun 2022 sebesar 540 SRP. Sudah tidak dapat
tertampung oleh fasilitas parkir di Stasiun Lempuyangan pada saat ini, karena sudah melebihi
kapasitas yaitu 430 SRP. Fasilitas parkir di Stasiun Lempuyangan sudah memenuhi kriteria
sebagai fasilitas park and ride dengan nilai 13,25 dari nilai maksimal 15.
Collections
- Civil Engineering [4192]