PERANCANGAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN PUPUK NPK KEBOMAS PADA PT PETROKIMIA GRESIK
Date
2018-05-09Author
Raden Bagus Radix Sabili Deliyan Putra, 13522153
Metadata
Show full item recordAbstract
Dari waktu ke waktu tingkat persaingan dalam penjualan pupuk akan terus meningkat, yang mana pertarungan setiap produk pupuk NPK pada pasar bebas akan semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada pada posisi manakah pupuk NPK Kebomas milik PT Petrokimia Gresik berdasarkan internal dan external Factors serta Market Share dan Market Growth yang dimiliki oleh NPK Kebomas sehingga dapat ditentukan alternatif strategi terbaik agar dapat memenangkan pasar. Dari hasil penelitian menggunakan metode SWOT dan IE Matrix didapatkan hasil yang cukup kecil yaitu internal factor sebesar 1.35 dan external factor sebesar 0.41. Pada metode BCG Matrix, NPK Kebomas ketika tahun 2016 memiliki posisi yang kurang menguntungkan yaitu pada kuadran Dog dengan perolehan hasil market share sebesar 16.3% dan market growth sebesar -27.9%. Berdasarkan hal tersebut didapatkan 5 alternatif strategi dan melalui metode Quantitative Strategy Planning Matrix alternatif strategi Strenghts – Opportunities terpilih sebagai alternatif strategi terbaik dengan total score sebesar 7.8. Alternatif Strategi tersebut apabila dilakukan dapat meningkatkan penjualan NPK Kebomas.
Collections
- Industrial Engineering [2224]