Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhammad Hasan Sidiq Kurniawan, S.Si, M.Sc
dc.contributor.authorInayatus Sholikhah, 14611167
dc.date.accessioned2018-06-04T14:01:59Z
dc.date.available2018-06-04T14:01:59Z
dc.date.issued2018-05-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7767
dc.description.abstractAlat transportasi saat ini sangat dibutuhkan oleh manusia. Bahkan alat transportasi merupakan kebutuhan pokok yang menunjang kehidupan manusia dalam melakukan aktivitasnya. Terdapat beberapa macam alat transportasi yang dimiliki oleh manusia, salah satunya adalah sepeda motor. Provinsi Yogyakarta menduduki peringkat ke-9 berdasarkan jumlah sepeda motor yang ada yaitu sebanyak 3,9 juta unit. Jumlah sepeda motor yang banyak tersebut mempengaruhi jumlah ketersediaan jasa layanan perawatan sepeda motor atau tempat service. HSO Jombor merupakan service center yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan perawatan sepeda motor. Banyaknya kendaraan yang datang untuk melakukan service setiap harinya berbeda-beda dengan jumlah server yang disediakan berbeda-beda juga sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui model antrian yang tepat untuk menggambarkan sistem antrian service serta untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan di HSO Jombor. Model antrian untuk service pada PIT service adalah (M/M/c):(FCFS/∞/∞). Hasil analisis menunjukan bahwa bahwa sistem antrian yang ada kurang efektif jika menggunakan server sebanyak 16 mekanik sehingga perlu ditambah lagi jumlah mekaniknya. Penentuan jumlah server optimum menggunakan model keptusan tingkat aspirasi, di mana kebutuhan perusahaan dan kebutuhan pelanggan harus sama-sama dipenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh jumlah mekanik optimal yaitu sebanyak 17 mekanik dengan nilai L_s yang dihasilkan adalah sebanyak 62 motor per jam selama 6 hari kerja dan W_s yang dihasilkan selama 0,8 jam atau kurang lebih selama 51 menit dan persentase tingkat menganggur server sebesar 93%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAntrianen_US
dc.subjectSevice Sepeda Motoren_US
dc.subjectKedatanganen_US
dc.subjectM/M/cen_US
dc.subjectKeberangkatanen_US
dc.subjectModel Keputusan Tingkat Aspirasien_US
dc.titleANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA PIT SERVICE SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN (Studi Kasus : Antrian Service Sepeda Motor di Honda Sales Office (HSO) Jombor)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record