PENGARUH PAJAK DAN INTANGIBLE ASSETS TERHADAP MOTIVASI PERUSAHAAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING
Abstract
Transfer Pricing merupakan salah satu langkah strategis yang paling efektif untuk melakukan transaksi tentang pengaturan harga secara kompetitif oleh perusahaan yang berelasi. Namun, hal ini perlu dievaluasi lebih dalam karena untuk menjamin bahwa setiap transaksi yang dilakukan perusahaan dijamin kewajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak dan aset tidak berwujud terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan mekanisme transfer pricing. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah perusahaan industry manufaktur yang terdaftar pada Indonesia Stock Exchange periode 2011-2016. Berdasarkan kriteria maka diambil 62 perusahaan manufaktur dan ditemukan bahwa aset tidak berwujud dan struktur modal berpengaruh signifikan positif terhadap intensitas transfer pricing. Sebaliknya, pajak berpengaruh negatif terhadap intensitas transfer pricing. Penelitian ini nantinya dapat digunakan oleh akademisi, manajemen perusahaan, dan investor dalam memahami mekanisme transfer pricing itu sendiri dan mensinergikan antara tujuan perusahaan dengan tujuan investasi. Bagi Direktorat Jendral Pajak (DJP) penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi demi sistem pajak yang lebih baik di Indonesia nantinya.
Collections
- Akuntansi [4403]