PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, KEPERCAYAAN AFEKTIF DAN KOGNITIF TERHADAP MINAT BAYAR ZAKAT MELALUI LEMBAGA ZAKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Kepercayaan Afektif dan Kepercayaan Kognitif terhadap Minat Muzakki membayar Zakat di Lembaga Pengelola Zakat. Subyek penelitian ini adalah 100 muzakki di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Badan Amil Zakat Nasional Kota Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan Model Persamaan Struktural dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan afektif dan kognitif berpengaruh positif terhadap minat bayar zakat melalui lembaga zakat;akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kepercayaan afektif dan kognitif. Meskipun demikian, hasil kajian menunjukkan bahwa transparansitidak berpengaruh terhadap kepercayaan kognitif dan afektif.
Collections
- Akuntansi [4426]