PEMODELAN ANTRIAN KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN M/M/1 DI SIMPANG TIGA RINGROAD UTARA YOGYAKARTA PADA PAGI HARI DAN SORE HARI
Abstract
Semakin tingginya volume kendaraan mengakibatkan kemacetan yang sangat tinggi terutama waktu berangkat kerja (pagi hari) dan pulang kerja (sore hari). Salah satu faktor yang mengakibatkan kemacetan adalah menumpuknya kendaraan pada lampu lalu lintas. Salah satu lampu lalu lintas yang mengalami penumpukan kendaraan di Yogyakarta adalah simpang tiga ringroad utara. Penyebab padatnya kendaraan pada simpang tiga tersebut dikarenakan lampu lalu lintas di daerah tersebut adalah pintu masuk dan keluar pada sisi timur Yogyakarta, terutama pada lengan barat dan lengan timur sering terjadi penumpukan kendaraan yang panjang. Salah satu solusi mengurangi atau mencegah penumpukan kendaraan pada lampu lalu lintas adalah dengan melakukan analisis pada sistem lalu lintas pada waktu yang rawan terjadi penumpukan kendaraan menggunakan teori antrian. Pemodelan antrian yang dilakukan pada penelitian ini adalah pemodelan sistem antrian kendaraan pada simpang tiga ringroad utara pada lengan barat dan lengan timur. Waktu yang dipilih adalah pada pagi hari dan sore hari disetiap harinya. Model antrian yang digunakan pada penelitian ini adala model antrian M/M/1. Hasil analisis menujukkan bahwa pada lengan timur pada pagi hari mengalami kesibukan pada hari Kamis sebesar 99,04% dan sore hari mengalami puncak kesibukan pada hari Jumat sebesar 99,19%. Pada lengan barat mengalami puncak kesibukan di pagi hari pada hari Rabu sebesar 99,32% dan sore hari puncak kesibukan pada hari Sabtu sebesar 99,3%.
Collections
- Statistics [899]