Analisis Motivasi Konsijmen dalam Membeli Daging Ayam Broiler (Ayam Potong) di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Manusia hidup di dunia dengan banyaknya tingkat kebutuhan manusia dan
berbagai kegiatan setiap harinya sehingga harus diimbangi puia tingkat kesehatan
khususnya masalah gizi karena dengan mencukupi gizi dan cara hidup sehat akan
sangat mendukung manusia berpikir dan bekerja lebih baik. Makanan yang bergizi
tinggi harus mengandung unsur-unsur seperti vitamin, protein, karbohidrat,
mineral. Daging ayam broiler (ayam potong) menipakan salah satu sumber protein
yang berfungsi sebagai zat pembangun sel tubuh. Oleh karena itu konsiimen pasti
akan memilih daging ayam broiler (ayam potong) yang berkualitas namun mudah
dijangkau.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi konsiimen dalam
membeli daging ayam broiler (ayam potong) di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini menitikberatkan pada atribut-atribut produk yang dapat
mencerminkan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan yaitu kebutuhan
fisiologi/mendasar, kebutuhan keamanan, kebutuhan social, kebutuhan
penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri.
Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang
penarikan sample menggunakan teknik convinience sample dengan jumlah 100
responden karena menurut perhitungan jumlah minimal sample yang dapat
digunakan 97 responden. Penelitian dilakukan di pasar-pasar, rumah pemotongan
ayam (RPA), tempat-tempat yang menyediakan daging ayam broiler (ayam
potong) dimana konsumen kedapatan sedang membeli daging ayam broiler (ayam
potong) mentah. Semua data primer dianalisis menggunakan Chi-Square untuk
mengetahui motivasi konsumen dalam membeli daging ayam broiler (ayam
potong) Di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa ada
perbedaan yang signifikan motivasi konsumen dalam membeli daging ayam
broiler (ayam potong) berdasarkan karakteristik usia, pekerjaan, intensitas
pembelian. Namun menurut karakteristik gender, tingkat pendapatan, status
pembelian, tempat tinggal tidak ada perbedaan motivasi konsumen dalam
membeli daging ayam broiler (ayam potong) di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Collections
- New Submissions [126]