Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantoro, M.Ag.
dc.contributor.authorSusanndari, Yuni, 13422029
dc.date.accessioned2018-04-24T13:29:21Z
dc.date.available2018-04-24T13:29:21Z
dc.date.issued2017-05-02
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6983
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guru terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa-siswi kelas VII dan VIII di MTs N Maguwoharjo Depok Sleman; 2) ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa-siswi kelas VII dan VIII di MTs N Maguwoharjo Depok Sleman; 3) ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa-siswi kelas VII dan VIII di MTs N Maguwoharjo Depok Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII MTs N Maguwoharjo Depok Sleman, yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas instrument penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t atau uji parsial dan uji F atau uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Metode Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan rx1y = 0,368; r2x1y = 0,135; dan thitung (3,215) > ttabel (1,998) pada taraf signifikansi 5%. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan rx2y = 0,627; r2x2y = 0,393; dan thitung (6,540) > ttabel (1,998) pada taraf signifikansi 5%. 3) terdapat pengaruh positif dan Signifikan Metode Pembelajaran Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan Ry(1,2) = 0,829; R2 = 0,687; dan nilai sig. 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectMetode Pembelajaran Guruid
dc.subjectMotivasi Belajarid
dc.subjectPrestasi Belajar Akidah Akhlakid
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa-siswi Kelas VII dan VIII di MTs N Maguwoharjo Depok Slemanid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record