Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, M.I.S.
dc.contributor.authorLutfiana, Afifah Noor, 13422078
dc.date.accessioned2018-04-24T12:33:11Z
dc.date.available2018-04-24T12:33:11Z
dc.date.issued2017-05-04
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6973
dc.description.abstractBerbagai perubahan di era global yang ditandai dengan WTO, AFTA, APEC,dan MEA membuat masyarakat (baca; masyarakat keagamaan) di masa depan akan sangat terbuka disertai ketergantungan kultur yang bersifat global. Sedangkan dalam pendidikan menuai pro kontra mengenai usulan perpanjangan jam belajar disekolah dasar dan menengah atau full day, namun Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbund) Muhadjir Effendy menegaskan sistem ini tidak semata-mata membebankan atau menambah jam pelajaran sekolah bagi siswa, tetapi akan di isi dengan kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan. Ada beberapa hal yang menarik peneliti untuk mengadakan penelitian di SD Islam Terpadu Luqman Al-Hakim kota Yogyakarta, yaitu adanya sistem pendidikan yang dibangun berdasarkan konsep islam dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak dengan menerapkan full day school. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kosep Nilai pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum, Untuk mendeskripsikan indikator keberhasilan integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum, dan mendapatkan hasil yang dicapai dari integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum di SDIT Luqman Al-Hakim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan triangulasi data untuk keabsahan datanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi pada kelas 3A, wawancara dengan 5 informan. Selain itu catatan lapangan untuk memperkuat penelitian. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa konsep nilai pendidikan islam yang ditanamkan adalah syamil melingkupi seluruh aspek, sehingga pelaksanaannya tidak hanya di dalam kelas saja namun seluruh elemen sekolah ikut berpartisipasi aktif menanamkan nilai-nilai pendidikan islam di dalam dan diluar lingkungan sekolah. kemudian yang dijadikan indikator keberhasilan adalah 10 Muashofat, yang dimana didalamnya sudah terkandung nilai Akidah, akhlaq dan Ibadah. Dan yang terakhir hasil yang dicapai dari integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum di SDIT Luqman Al-Hakim. sudah baik dan sesuai dengan 10 muashofat.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectFull dayen_US
dc.subjectSyamilid
dc.subject10 Muashofatid
dc.titleIntegrasi Nilai Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kurikulum Full Day School di SD Islam Terpadu Luqman Al-hakimid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record