Integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kurikulum Full Day School di SD Islam Terpadu Luqman Al-hakim
Abstract
Berbagai perubahan di era global yang ditandai dengan WTO, AFTA, APEC,dan
MEA membuat masyarakat (baca; masyarakat keagamaan) di masa depan akan sangat
terbuka disertai ketergantungan kultur yang bersifat global. Sedangkan dalam pendidikan
menuai pro kontra mengenai usulan perpanjangan jam belajar disekolah dasar dan
menengah atau full day, namun Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbund)
Muhadjir Effendy menegaskan sistem ini tidak semata-mata membebankan atau
menambah jam pelajaran sekolah bagi siswa, tetapi akan di isi dengan kegiatan
ekstrakurikuler yang menyenangkan. Ada beberapa hal yang menarik peneliti untuk
mengadakan penelitian di SD Islam Terpadu Luqman Al-Hakim kota Yogyakarta, yaitu
adanya sistem pendidikan yang dibangun berdasarkan konsep islam dalam rangka
menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak dengan menerapkan
full day school. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan kosep Nilai pendidikan Islam
dalam pengembangan kurikulum, Untuk mendeskripsikan indikator keberhasilan
integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum, dan mendapatkan
hasil yang dicapai dari integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum
di SDIT Luqman Al-Hakim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan triangulasi data untuk
keabsahan datanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode observasi pada kelas 3A, wawancara dengan 5 informan. Selain itu catatan
lapangan untuk memperkuat penelitian.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa konsep nilai pendidikan islam yang
ditanamkan adalah syamil melingkupi seluruh aspek, sehingga pelaksanaannya tidak
hanya di dalam kelas saja namun seluruh elemen sekolah ikut berpartisipasi aktif
menanamkan nilai-nilai pendidikan islam di dalam dan diluar lingkungan sekolah.
kemudian yang dijadikan indikator keberhasilan adalah 10 Muashofat, yang dimana
didalamnya sudah terkandung nilai Akidah, akhlaq dan Ibadah. Dan yang terakhir hasil
yang dicapai dari integrasi Nilai Pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum di
SDIT Luqman Al-Hakim. sudah baik dan sesuai dengan 10 muashofat.
Collections
- Islamic Education [862]