Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. AF. Djunaidi, M.Ag.
dc.contributor.authorIzah, Nurul, 13422137
dc.date.accessioned2018-04-24T10:58:17Z
dc.date.available2018-04-24T10:58:17Z
dc.date.issued2017-06-05
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6949
dc.description.abstractAl Qur’an sebagai penjelas terahadap sesuatu, akhlak, moralitas, dan etika-etika yang patut dipraktikkan manusia dalam kehidupan mereka. Sifat dan karakter setiap individu berbeda-beda. Begitu juga dengan orang yang menghafal Al Qur’an karena seyogyanya seorang penghafal Al Qur’an memiliki kepribadian dan karakter yang mencerminkan sifat yang ada dalam kandungan Al Qur’an. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter santri. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yaitu variabel Dependen yaitu menghafal Al Qur’an (X) dan variabel Independen yaitu pedidikan karakter (Y). Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada objek penelitian, dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari studi kepustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sampel yang diambil adalah sebanyak 70 responden. Analisis data penelitian menggunakan SPSS 21.0 For Windows dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter santri ponpes Sunan Pandanaran komplek IV. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya F hitung = 4,447 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 maka terdapat pengaruh variabel menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter. Besarnya pengaruh menghafal Al Qur’an mempunyai kontribusi sbesar 6,2% dalam pendidikan karakter santri Ponpes Sunan Pandanaran komplek IV yang dibuktikan dengan besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 0,062 sedangkan sisanya sebesar 93,8% menunjukkan faktor lain dalam pendidikan karakter. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter santri dan berkorelasi positif, artinya kedua variabel tersebut berhubungan dan berpengaruh secara signifikan.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectPengaruhid
dc.subjectMenghafal Al Qur’anid
dc.subjectPendidikan Karakterid
dc.titlePengaruh Menghafal Al Qur’an Terhadap Pendidikan Karakter Santri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek IVid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record