dc.description.abstract | Al Qur’an sebagai penjelas terahadap sesuatu, akhlak, moralitas, dan etika-etika
yang patut dipraktikkan manusia dalam kehidupan mereka. Sifat dan karakter
setiap individu berbeda-beda. Begitu juga dengan orang yang menghafal Al
Qur’an karena seyogyanya seorang penghafal Al Qur’an memiliki kepribadian
dan karakter yang mencerminkan sifat yang ada dalam kandungan Al Qur’an.
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter santri. Dalam
penelitian ini terdapat dua jenis variabel yaitu variabel Dependen yaitu menghafal
Al Qur’an (X) dan variabel Independen yaitu pedidikan karakter (Y).
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif data yang digunakan adalah
data primer yaitu data yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada
objek penelitian, dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari studi
kepustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sampel yang diambil
adalah sebanyak 70 responden. Analisis data penelitian menggunakan SPSS 21.0
For Windows dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier
sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter santri ponpes
Sunan Pandanaran komplek IV. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya F hitung =
4,447 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 maka terdapat pengaruh
variabel menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan karakter. Besarnya pengaruh
menghafal Al Qur’an mempunyai kontribusi sbesar 6,2% dalam pendidikan
karakter santri Ponpes Sunan Pandanaran komplek IV yang dibuktikan dengan
besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 0,062 sedangkan sisanya sebesar 93,8%
menunjukkan faktor lain dalam pendidikan karakter. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh menghafal Al Qur’an terhadap pendidikan
karakter santri dan berkorelasi positif, artinya kedua variabel tersebut
berhubungan dan berpengaruh secara signifikan. | id |