Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat Terhadap Akhlak Siswa Kelas X MAN 4 Sleman Yogyakarta
Abstract
Pendidikan Agama Islam menjadi indikasi yang sangat penting, karena didalamnya terkandung berbagai aspek ilmu kehidupan manusia yang tentunya berkaitan erat dengan akhlak anak, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan masyarakat terhadap Akhlak siswa kelas X Man 4 Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel yaitu variabel Dependen yang merupakan Akhlak siswa dan variabel Independen berupa Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat. Dan menganalisis variabel mana yang berpengaruh dominan antara PADK dan PADM.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada objek penelitian, dan data sekunder yaitu data yang bersumber dari studi kepustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sampel yang diambil adalah sebanyak 50 responden. Analisis data penelitian menggunakan SPSS 16.0 For Windows dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui, hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel PADK dan PADM secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Akhlak Siswa dengan (p = 0,04 < 0,05), hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel PADK tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Akhlak Siswa dengan (p = 0,348 > 0,05), variabel PADM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Akhlak Siswa dengan (p = 0,011 < 0,05 ) , dan untuk variabel yang paling dominan mempengaruhi Akhlak Siswa adalah variabel PADM dengan (p = 0,382) lebih besar dari variabel PADK dengan (p = 0,136).
Collections
- Islamic Education [862]