Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. Muzhoffar Akhwan, MA
dc.contributor.authorDewi, Ferra Restiana, 13422158
dc.date.accessioned2018-04-24T10:33:45Z
dc.date.available2018-04-24T10:33:45Z
dc.date.issued2017-06-02
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/6939
dc.description.abstractSalah satu hal yang mendapatkan perhatian serius dalam ajaran Islam adalah pendidikan agama terhadap anak. Bekal pendidikan agama yang diperoleh anak dari lingkungan keluarga akan memberinya kesiapan untuk lebih kuat dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Keluarga merupakan pilar utama dalam pembentukan kepribadian anak. Keluarga perlu menanamkan pendidikan agama pada anak sejak dini. Hal itu tentu saja dimaksudkan agar anak tidak terpengaruh oleh dampak negatif yang terjadi di lingkungan kehidupan sosial saat ini.Jika keluarga tidak memiliki perhatian serius terhadap masalah ini, tentu akan memicu anak untuk memiliki kepribadian yang kurang baik. Dari permasalahan di atas maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kepribadian siswa di MAN 4 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yaitu metode observasi, dokumentasi, dan angket. Metode observasi digunakan untuk menggali data-data yang diamati secara langsung tentang kepribadian siswa di sekolah. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data-data terkait responden dan sekolah, dan terakhir metode angket digunakan untuk mengambil data kedua variabel, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa dan kepribadian siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap kepribadian siswa. Pada hasil penelitian, terlihat besarnya nilai R square (R2) yaitu sebesar 0,224. Nilai tersebut mengindikasikan bahwa terdapat 22,4% pendidikan agama Islam dalam keluarga yang mempengaruhi kepribadian siswa, sedangkan sisanya 77,6% mempengaruhi faktor lain.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectPendidikan Agama Islamid
dc.subjectKeluargaid
dc.subjectKepribadian Siswaid
dc.titlePengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Terhadap Kepribadian Siswa di MAN 4 Slemanid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record