PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2015
Abstract
INTISARI
Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Angkatan 2015
Nia Japlani1, Yeny Dyah Cahyaningrum2, Fuad Khadafianto2
1Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
2Departemen Medical Education Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Latar Belakang : Dalam belajar seseorang mahasiswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Gaya belajar terdiri dari gaya belajar visual (V), auditorik (A), membaca/menulis (R), dan kinestetik (K) atau disingkat VARK.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan pengaruh gaya belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2015.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional (belah lintang). Penelitian ini menggunakan kuesioner VARK (Visual, Auditori, Read-Write, Kinestetik) sebagai alat ukur untuk mengetahui gaya belajar yang dibagikan kepada 176 mahasiswa. Dalam penelitian ini subyek yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi adalah 162 mahasiswa. Uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji univariat deskriptif, uji bivariat untuk mengetahui korelasi, dan uji multivariat menggunakan regresi linier.
Hasil : Gaya belajar yang paling banyak dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia angkatan 2015 adalah gaya belajar kinestetik dengan jumlah 39 mahasiswa (24,1%), dari penelitian ini tidak didapatkan korelasi yang signifikan antara gaya belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan nilai p = 0,084. Pengaruh gaya belajar terhadap IPK sebesar 1,1%.
Kesimpulan : Pengaruh gaya belajar terhadap IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia sebesar 1,1%.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif.
Collections
- Medical Education [2279]