Analisis Pengaruh e-WOM Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment
Abstract
Perkembangan teknologi internet membuat penyebaran word of mouth tidak hanya terbatas pada komunikasi tatap muka, tetapi sudah berubah bentuk menjadi electronic word of mouth. EWOM memperkenalkan sebuah tempat yang sangat penting agar konsumen dapat memberikan opininya. Salah satu bentuk dari E-WOM marketing adalah media sosial seperti instagram. Hal ini menjadikan proses pemasaran, iklan maupun layanan customer service menuju arah yang baru, kreatif, efisien dan lebih efektif daripada sebelumnya. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan regresi linier. Target populasi adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dengan sampel mahasiswa yang pernah terpapar informasi produk online melalui electronic word of mouth (E-WOM) di media sosial instagram. Responden yang terpapar informasi produk online disini adalah responden yang mengetahui dan bisa menggunakan fitur-fitur dan menu yang tersedia pada instagram dan responden pernah melakukan kegiatan jual-beli online melalui instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (E-WOM) di instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Attachment. Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa dari kelima dimensi E-WOM di instagram terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Attachment, yaitu dimensi Expressing Positive Feelings dan Helping the Company.
Dalam penelitian ini, peneliti mengelaborasikan penelitian yang telah dilakukan oleh Esch, Langner, Schmitt, & Geus (2006) dan Lesmana (2012) dengan Hennig-Thurau, Gwinner, Walsh, & Gremler (2004) dan Jeonga & Jang (2011) dengan beberapa penyesuaian agar sesuai dengan objek penelitian dan kondisi lapangan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (eWOM) di instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Attachment. Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa dari kelima dimensi eWOM di instagram terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Attachment, yaitu dimensi Expressing Positive Feelings dan Helping the Company.