Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Wing Wahyu Winarno, MAFIS, Ak
dc.contributor.authorFitayani Intan Pradani, 13917145
dc.date.accessioned2018-04-23T17:04:21Z
dc.date.available2018-04-23T17:04:21Z
dc.date.issued2018-02-22
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6905
dc.description.abstractPerkembangan teknologi internet membuat penyebaran word of mouth tidak hanya terbatas pada komunikasi tatap muka, tetapi sudah berubah bentuk menjadi electronic word of mouth. EWOM memperkenalkan sebuah tempat yang sangat penting agar konsumen dapat memberikan opininya. Salah satu bentuk dari E-WOM marketing adalah media sosial seperti instagram. Hal ini menjadikan proses pemasaran, iklan maupun layanan customer service menuju arah yang baru, kreatif, efisien dan lebih efektif daripada sebelumnya. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan regresi linier. Target populasi adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dengan sampel mahasiswa yang pernah terpapar informasi produk online melalui electronic word of mouth (E-WOM) di media sosial instagram. Responden yang terpapar informasi produk online disini adalah responden yang mengetahui dan bisa menggunakan fitur-fitur dan menu yang tersedia pada instagram dan responden pernah melakukan kegiatan jual-beli online melalui instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (E-WOM) di instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Attachment. Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa dari kelima dimensi E-WOM di instagram terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Attachment, yaitu dimensi Expressing Positive Feelings dan Helping the Company. Dalam penelitian ini, peneliti mengelaborasikan penelitian yang telah dilakukan oleh Esch, Langner, Schmitt, & Geus (2006) dan Lesmana (2012) dengan Hennig-Thurau, Gwinner, Walsh, & Gremler (2004) dan Jeonga & Jang (2011) dengan beberapa penyesuaian agar sesuai dengan objek penelitian dan kondisi lapangan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Electronic Word of Mouth (eWOM) di instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Attachment. Hasil analisis multiple regression menunjukkan bahwa dari kelima dimensi eWOM di instagram terdapat dua dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Attachment, yaitu dimensi Expressing Positive Feelings dan Helping the Company.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjecteWOMen_US
dc.subjectinstagramen_US
dc.subjectbranden_US
dc.subjectbrand attachmenten_US
dc.titleAnalisis Pengaruh e-WOM Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachmenten_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record