MEMAHAMI FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN E-FILLING OLEH WAJIB PAJAK DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mepengaruhi niat penggunaan e-filling oleh wajib pajak di Indonesia dengan menggunakan teori UTAUT dan pengembangan konsep multidimensi dari dua variabel utama teori UTAUT yaitu variabel kondisi-kondisi yang memfasilitasi dan variabel pengaruh sosial, selain itu juga menambahkan konsep kepercayaan. Data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data primer melalui e-kuisioner dengan jumlah 155 responden. Alat pengujian statistik yang digunakan adalah SmartPLS 3.0. Hasilnya harapan kinerja, efikasi diri, norma deskriptif, injunctive norm, kondisi sumber daya yang memfasilitasi, kepercayaan terhadap situs pemerintah dengan anteseden konsep multidimensi dari teori kepercayaan 67% mempengaruhi niat perilaku penggunaan e-filling. Sedangkan faktor dukungan pemerintah, pengaruh media dan harapan usaha tidak berpengaruh terhadap niat perilaku. Sementara itu variabel norma subjektif online berpengaruh negatif signifikan terhadap niat perilaku pengunaan e-filling.
Collections
- Akuntansi [4399]