PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2016)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi perusahaan dan corporate governance terhadap luas pengungkapan sustainability report perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan reputasi perusahaan yang diproksikan dengan komitmen terhadap stakeholder, profitabilitas, leverage, dan media exposure, serta mekanisme corporate governance, yakni dewan komisaris independen dan kepemilikan institusional sebagai variabel independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan sustainability report yang dilakukan perusahaan yang dijelaskan dalam laporan tahunan perusahaan dan atau sustainability report perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen terhadap stakeholder dan kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report, sedangkan leverage memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Kemudian profitabilitas, media exposure, dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report perusahaan.
Kata Kunci : Reputasi, Corporate Governance, dan Pengungkapan Sustainability Report
Collections
- Akuntansi [4530]