PENGARUH FAKTOR KEBERMANFAATAN, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI BANK MANDIRI SYARIAH YOGYAKARTA
Abstract
Saat ini dunia perbankan Indonesia sudah sangat berkembang, terutama sistem perbankan syariah yang muncul sebagai dinamika perkembangan bank konvensional. Di saat yang sama, saat ini terbentuk pula masyarakat digital yang dipacu oleh perkembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat intensif termasuk di bidang perbankan atau yang dikenal dengan sebutan internet banking. Terkait hal tersebut, demi memberikan fasilitas kepada para nasabah dalam melakukan kegiatannya, perbankan syariah bekerja sama dengan penyedia jasa di bidang teknologi informasi dan komunikasi membangun sistem informasi dengan membuat aplikasi khusus yang dapat mempermudah semua proses transaksi yang ada di perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Faktor Kebermanfaatan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Di Bank Mandiri Syariah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Data yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah data primer yaitu data yang didapatkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada objek penelitian. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui beberapa hal antara lain: variabel persepsi kebermanfaatan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 variabel persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 dan variabel persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, dengan nilai probabilitas sebesar 0,002
Collections
- Islamic Economics [826]