DAYA SAING PERUSAHAAN HONDA DAN YAMAHA DALAM STRUKTUR PASAR DAN PERILAKU INDUSTRI SEPEDA MOTOR DI INDONESIA TAHUN 2010-2017
Abstract
Permintaan sepeda motor di Indonesia sebagai alat transportasi yang praktis terus mengalami perkembangan dalam periode 2010 hingga 2017. Peningkatan permintaan ini mendorong industri sepeda motor untuk bersaing melakukan pengembangan produk dengan berbagai teknologi inovasi yang sesuai diinginkan masyarakat dan tetap mampu memberikan keuntungan bagi industri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang struktur, perilaku dan kinerja daya saing penjualan sepeda motor Honda dan Yamaha di Indonesia. Sumber data utama dalam riset ini digunakan data sekunder yang bersumber dari Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structure-Conduct-Performance (SCP) dengan analisis Concentration Ratio (CR) dan IHH calculation (Indeks Hirscham-Herfindahl) untuk menganalisis market share serta struktur pasar dan perilaku industri sepeda motor di Indonesia. Selain itu digunakan metode analisis perbedaan rata-rata penjualan dengan metode Independent Samples T-Test dan analisis perbedaan varian dengan metode F-Test two sample for Variances untuk menganalisis kinerja industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CR4 antara 99,7% hingga 99,9% artinya, pangsa pasar terkonsentrasi pada perusahaan Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki, dan nilai IHH antara 0,4238 hingga 0,6080 yang menunjukkan bahwa struktur dan perilaku industri sepeda motor di Indonesia adalah oligopoli ketat, dan dalam prakteknya cenderung berprilaku persaingan monopolistik. Hasil uji kinerja daya saing penjualan sepeda motor antara Honda dan Yamaha dimenangkan oleh Honda serta dalam uji perbedaan rata-rata menunjukkan signifikan terdapat perbedaan rata-rata penjualan dan terjadi ketimpangan penjualan. Sedangkan, pada hasil uji perbedaan varian menunjukkan, terdapat perbedaan jumlah varian penjualan sepeda motor Honda lebih banyak daripada sepeda motor Yamaha dan terdapat persaingan monopolistik dengan model diskriminasi produk dan harga dalam persaingan pengembangan produk sepeda motor tersebut.
Collections
- Economics [2138]