Show simple item record

dc.contributor.advisorAnnisa Uswatun Khasanah S.T.,M.Sc
dc.contributor.authorDinda Witya Utari, 11522271
dc.date.accessioned2018-04-18T09:55:12Z
dc.date.available2018-04-18T09:55:12Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6533
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa semester 1, mengetahui aspek yang menjadi prioritas perbaikan pada pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia dan membandingkan tingkat kepuasan dan engagement mahasiswa semester 1 pada pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 239 orang mahasiswa semester 1 dari seluruh prodi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan dua jenis kuesioner, yaitu kuesioner untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia dan untuk mengukur tingkat engagement (keterikatan) mahasiswa terhadap Fakultas Teknologi Industri. Metode pengukuran tingkat kepuasan menggunakan Importance Performance Analysis, sedangkan untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat kepuasan mahasiswa dan engagement mahasiswa digunakan uji korelasi product moment. Hasil dari penelitian didapatkan tingkat kepuasan dimensi keandalan sebesar 3,90 dan termasuk kategori puas, tingkat kepuasan dimensi jaminan sebesar 3,93 dan termasuk kategori puas, tingkat kepuasan dimensi bukti langsung sebesar 4,24 dan termasuk kategori puas, tingkat kepuasan dimensi perhatian sebesar 3,91 dan termasuk kategori puas, dan tingkat kepuasan dimensi daya tanggap sebesar 3,92 dan termasuk kategori puas. Aspek yang penting dan menjadi prioritas perbaikan berdasarkan matriks Importance Performance Analysis (IPA) yaitu pelayanan terselesaikan dengan cepat, kesiapan petugas melayani mahasiswa setiap waktu, petugas melayani dengan ramah dan alur pelayanan yang jelas. Selain itu aspek kesiapan petugas dalam menerima keluhan dan pengaduan, penjelasan petugas mudah dimengerti dan penyampaian informasi yang jelas juga dianggap penting namun belum mendapat kepuasan dari mahasiswa. Sehingga perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan layanan pada aspek-aspek tersebut. Ada hubungan antara tingkat kepuasan mahasiswa semester 1 terhadap pelayanan administrasi akademik dan engagement mahasiswa di Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan besar korelasi keduanya 0,561 artinya keeratan hubungannya sedang, karena nilainya positif, artinya hubungan tingkat kepuasan dan engagement searah yakni jika tingkat kepuasan mahasiswa semester 1 terhadap pelayanan administrasi akademik di Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia tinggi, maka engagement mahasiswa tersebut juga tinggi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEkspektasien_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectTingkat Kepuasanen_US
dc.subjectImportance Performance Analysisen_US
dc.subjectUji Korelasi Product Momenten_US
dc.titlePERBANDINGAN KEPUASAN DAN ENGAGEMENT MAHASISWA BARU TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK FTI UIIen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record