PENGARUH ZASKIA ADYA MECCA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN BUTIK MECCANISM YOGYAKARTA
Abstract
promosi merupakan usaha pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang agar tertarik untuk membeli suatu produk. Penggunaan Brand Ambassaador adalah salah satu cara yang dinilai sesuai dalam mempromosikan produk yang dijualnya kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Visibility, Credibility, Attraction dan Power Zaskia Adya Mecca sebagai Brand Ambassador butik Meccanism. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang di dapatkan dari menyebarkan kuesioner kepada objek penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan, hasil uji t (parsial) variabel visibility (kepopuleran) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta dengan nilai probabilitas sebesar (0,006 <0,05), variabel Credibility berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta dengan nilai probabilitas sebesar (0,006 <0,05), variabel Attraction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta dengan nilai probabilitas sebesar (0,011<0,05), variabel Power berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta dengan nilai probabilitas sebesar (0,034<0,05). Hasil uji f (simultan) menunjukkan bahwa variabel Visibility, Credibility, Attraction dan Power secara bersama – sama memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan beli konsumen butik Meccanism Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t dan uji f menghasilkan nilai yang signifikasi < 0,05. Nilai R Square sebesar 0,319 menyatakan variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 31,9 %. Sedangkan sisanya sebesar 68,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Collections
- Islamic Economics [827]