Show simple item record

dc.contributor.advisorMutia Dewi, S.Sos., M.I.Kom
dc.contributor.authorHyelena Tiara Sahita, 13321060
dc.date.accessioned2018-04-06T15:33:52Z
dc.date.available2018-04-06T15:33:52Z
dc.date.issued2018-02-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6341
dc.description.abstractImplementasi program CSR menjadi salah satu hal yang ikut diperhatikan perkembangannya. Dengan berbagai macam perusahaan yang telah melakukan implementasi program CSR tersebut dan adanya peraturan pemerintah mengenai CSR, menjadi tanda bahwa CSR kini sangat penting keberadaannya. Bagi perusahaan yang melakukan CSR maka diperlukannya kegiatan komunikasi korporat untuk mengelola bagaimana komunikasi yang baik dan bagaimana cara melakukan CSR yang baik. Salah satu tenaga yang dapat melakukan komunikasi tersebut adalah PR. Beberapa perusahaan pun kini telah mempertimbangkan untuk melibatkan PR dalam implementasi program CSR mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan mendeskripsikan hasil data penelitian secara lengkap. Adapun proses penelitian dilakukan di Hotel Phoenix Yogyakarta pada tanggal 13 Oktober 2017 serta Hotel Hyatt Yogyakarta pada tanggal 26 Oktober 2017. Hasil penelitian yang berhasil ditemukan pada Hotel Phoenix Yogyakarta dan Hotel Hyatt Yogyakarta ialah telah diijalankannya program CSR secara aktif dan berkelanjutan selama beberapa tahun. Program CSR dari kedua hotel tersebut pun melibatkan peranan PR dalam pelaksanaannya. Hotel Phoenix Yogyakarta telah melibatkan PR dalam setiap tahapan implementasi program CSR mereka, baik peranan manajerial maupun teknis. Sedangkan PR Hotel Hyatt Yogyakarta dilibatkan dalam lingkup peranan teknis saja. Selain itu, terdapat faktor-faktor pendukung seperti, SDM yang berkapabel, program CSR yang terorganisir, kuangan perusahaan yang baik, peraturan pemerintah dan citra positif yang dimiliki kedua hotel. Sedangkan faktor penghambat yang terindentifikasi adalah kurang koordinasi publik internal, lingkungan sosial target CSR, dan bencana alam. The implementation of CSR programs is one of the noticed things of its development lately. With a wide range of companies who have been doing the CSR program implementation and the presence of government regulation on CSR can be a sign that CSR is now very important of its existence. For companies that conduct CSR activities needs corporate communication to manage how to do good communication and how to do a good CSR. One of the practitioners that can do such communications is PR. Some companies even hospitality industry have been considering involving the PR in the implementation of their CSR programs now. This study uses descriptive qualitative research method to explain and describe the result of research data completely. The research process is done at Hotel Phoenix Yogyakarta on October 13th, 2017 and Hotel Hyatt Yogyakarta on October 26th, 2017. The result of the study was found that Corporate Social Responsibility program has been active and it is still going for several years. The program in both hotels involve the role of public relation in the implementation. The Phoenix Hotel Yogyakarta has involved PR in each stages of their CSR program implementation, both managerial and technique. While Hyatt Hotel Yogyakarta has involved their PR in technique role the most. In addition, there are supportive factors such as, the capability of Human Resources, the organized program of Corporate Social Responsibility, a good corporate finance, government regulation and positive image owned by both hotels. On the other hand, the identified inhibiting factors are differences in internal public understanding, CSR target social environment, and natural disasters.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.subjectCorporate Social Responsibilityen_US
dc.subjectIndustri Perhotelanen_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.subjectCorporate Social Responsibilityen_US
dc.subjectHospitality Industryen_US
dc.titlePeran Public Relations dalam Implementasi Program Corporate Social Responsibility pada Hotel Phoenix Yogyakarta dan Hotel Hyatt Yogyakarta (Studi Kasus pada Program CSR “Anak Asuh” dan “Ayunan Langit Watu Jaran”)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record