Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Sekolah di Indonesia
Abstract
pendidikan merupakan sebuah investasi jangka panjang dan membutuhkan proses yang cukup lama serta biaya yang sangat besar dalam masa pendidikan yang lebih tinggi. Untuk melihat seberapa besar kemajuan sektor pendidikan dapat dilihat dari Angka Partisipasi Sekolah dengan cakupa umur 19 sampai 24 tahun. Dalam kurun waktu 5 tahun Angka Partisipasi Pendidikan di Indonesia selalu berfluktuatif,penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Angka Partisipasi Sekolah yaitu Derajat Desentralisasi Fiskal, Pengeluaran Pemerintah Bidang Pendidikan, Rasio Guru Per Siswa, Tingkat Kemiskinan, PDRB per Kapita. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data time series selama lima tahun dari 2011-2015 dan cross section sebanyak tiga puluh tiga Provinsi yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Indonesia Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel (pooled least squares) dengan model fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Derajart Desentralisasi Fiskal dan Pengeluaran Pemerintah memiliki pengaruh tidak signifikan,sedangkan Tingkat Kemiskinan, Rasio Guru PerSiswa dan PDRB per Kapita berpengaruh signifikan terhadap APS. APS merupakan indikator penting yang seharusnya dapat terus ditingkatkan untuk menumbuhkan kualitas manusia yang lebih berkualitas dan berpengetahuan luas untuk mencapai cita-citanya dengan baik.
Collections
- Economics [2138]