Peningkatan Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Fakultas X Melalui Pelatihan Akhlak Kerja Qur’ani Berbasis Maqasid
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pegawai administrasi
fakultas melalui pelatihan akhlak kerja qur’ani berbasis maqasid. Terdapat perbedaan
kualitas pelayanan pada pegawai administrasi selama sebelum dan setelah diberikan
pelatihan akhlak kerja qur’ani. Subjek pada penelitian ini berjumlah 12 pegawai
administrasi, masing-masing 7 pegawai untuk kelompok eksperimen dan 5 pegawai
untuk kelompok kontrol. Pegawai tersebut merupakan pegawai yang pekerjaannya
berhubungan langsung dengan customer (mahasiswa). Alat ukur dalam penelitian ini
menggunakan skala SERVQUAL dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) dan
skala Akhlak Kerja Qur’ani yang disusun oleh Mon’eim, Zulaifah, dan Sa’adah (On
going research, 2017) dalam kolaborasi bersama Ma’had Maqasid. Penelitian ini
menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu desain eksperimen yang
dilakukan dengan pengukuran awal (prates) sebelum perlakuan diberikan dan pascates
sesudahnya, sekaligus ada kelompok perlakuan atau eksperimen dan kelompok
kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan uji Friedman
menggunakan SPSS 22 for windows. Adapun hasil dari analisis data menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan kualitas pelayanan pegawai administrasi fakultas setelah
diberikan pelatihan akhlak kerja qur’ani. Hipotesis pada penelitian ini diterima. Data
kualitiatif refleksi pada partisipan ditambahkan dalam analisis.
This study aims to examine the effect of maqasid based qur’anic work ethic training on
the service quality of one faculty administration staff. There is a difference of service
quality among administration before and after the qur’anic work ethic training. The
subjects in this study were 12 administration staff, in which 7 (seven) staff were for
the experimental group and 5 (five) staff were for the control group. The staff were
those whose jobs are directly related to the customers (students). This study utilized
SERVQUAL scales from Parasuraman, Zeithaml, and Berry (1988) and the maqasid
based qur’anic work ethic concept was constructed by Mon’eim, Zulaifah, and Sa’adah
(On going research, 2017) in collaboration with Ma’had Maqasid. This research also
utilized Pretest-Posttest Control Group Design, an experimental design comparing
measurement results of pre- and post-treatment between experiment- and controlgroups.
Data was analyzed by using Friedman test in SPSS 22 for Microsoft-Windows.
The results of the data analysis showed an increase in the service quality of faculty
administration staff after being given training of qur’anic work ethic. The hypothesis of
this study is supported. Qualitative in reflection from participants were added in the
analysis.
Collections
- Master of Psychology [344]