Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.Phil. Emi Zulaifah, M.Sc
dc.contributor.advisorDr. Faraz, MM
dc.contributor.authorNAILIS SA'ADAH
dc.date.accessioned2018-03-21T13:55:58Z
dc.date.available2018-03-21T13:55:58Z
dc.date.issued2018-03-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6177
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pegawai administrasi fakultas melalui pelatihan akhlak kerja qur’ani berbasis maqasid. Terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada pegawai administrasi selama sebelum dan setelah diberikan pelatihan akhlak kerja qur’ani. Subjek pada penelitian ini berjumlah 12 pegawai administrasi, masing-masing 7 pegawai untuk kelompok eksperimen dan 5 pegawai untuk kelompok kontrol. Pegawai tersebut merupakan pegawai yang pekerjaannya berhubungan langsung dengan customer (mahasiswa). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala SERVQUAL dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) dan skala Akhlak Kerja Qur’ani yang disusun oleh Mon’eim, Zulaifah, dan Sa’adah (On going research, 2017) dalam kolaborasi bersama Ma’had Maqasid. Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu desain eksperimen yang dilakukan dengan pengukuran awal (prates) sebelum perlakuan diberikan dan pascates sesudahnya, sekaligus ada kelompok perlakuan atau eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan uji Friedman menggunakan SPSS 22 for windows. Adapun hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pelayanan pegawai administrasi fakultas setelah diberikan pelatihan akhlak kerja qur’ani. Hipotesis pada penelitian ini diterima. Data kualitiatif refleksi pada partisipan ditambahkan dalam analisis. This study aims to examine the effect of maqasid based qur’anic work ethic training on the service quality of one faculty administration staff. There is a difference of service quality among administration before and after the qur’anic work ethic training. The subjects in this study were 12 administration staff, in which 7 (seven) staff were for the experimental group and 5 (five) staff were for the control group. The staff were those whose jobs are directly related to the customers (students). This study utilized SERVQUAL scales from Parasuraman, Zeithaml, and Berry (1988) and the maqasid based qur’anic work ethic concept was constructed by Mon’eim, Zulaifah, and Sa’adah (On going research, 2017) in collaboration with Ma’had Maqasid. This research also utilized Pretest-Posttest Control Group Design, an experimental design comparing measurement results of pre- and post-treatment between experiment- and controlgroups. Data was analyzed by using Friedman test in SPSS 22 for Microsoft-Windows. The results of the data analysis showed an increase in the service quality of faculty administration staff after being given training of qur’anic work ethic. The hypothesis of this study is supported. Qualitative in reflection from participants were added in the analysis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectAkhlak Kerja Qur’ani berbasi Maqasiden_US
dc.subjectQuality Serviceen_US
dc.subjectQur’anic Maqasid of Work Ethicen_US
dc.titlePeningkatan Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Fakultas X Melalui Pelatihan Akhlak Kerja Qur’ani Berbasis Maqasiden_US
dc.typeMaster Thesisen_US
dc.Identifier.NIM14915034


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record