Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Hariyanti, S.Sos., M.I.Kom
dc.contributor.authorSiti Nurcahyati Abdussamad, 14321091
dc.date.accessioned2018-03-08T11:52:56Z
dc.date.available2018-03-08T11:52:56Z
dc.date.issued2018-02-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6028
dc.description.abstractProvinsi Gorontalo merupakan daerah yang memiliki banyak destinasi wisata untuk dikunjungi. Namun, tingkat kunjungan wisatawan di daerah kecil seperti di Gorontalo masih cenderung kurang, khususnya yaitu minat berkunjung wisatawan ke pulau Saronde. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat berkunjung, diantara lain komunikasi pemasaran dan promosi yang masih kurang baik dari pihak wisata. Karena itu untuk meningkatkan minat berkunjung wisatawan, Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara membuat kegiatan komunikasi pemasaran yaitu event Festival Pesona Saronde 2017 yang diharapkan dapat berjalan secara efektif dan efisen. Selain itu dari pengelola melakukan promosi melalui media sosial instagram yang bertujuan untuk mempersuasi wisatawan untuk berkunjung. Hal tersebut dapat diukur dari terpaan media promosi yang diberikan akun instagram @pulausaronde. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara efektivitas event Festival Pesona Saronde 2017 dan terpaan media promosi instagram terhadap minat berkunjung di wisata pulau Saronde Provinsi Gorontalo. Teori yang relevan dalam penelitian ini yaitu efektivitas event, terpaan media, minat berkunjung, serta teori komunikasi pemasaran dan teori new media. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pembagian/penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang datang di festival pesona saronde 2017. Hasil penelitian ini efektivitas event “Festival Pesona Saronde 2017” memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,185. Kemudian terpaan media promosi instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,205. Dan secara serentak efektivitas event “Festival Pesona Saronde 2017” dan terpaan media promosi instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan nilai koefisien regresi 0,287 dengan presentase sebesar 28,7%, sedangkan sisanya 71,3% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Gorontalo province is an area that has many tourist destinations to visit. However, the level of tourist visits in small areas such as Gorontalo still tend to be less, especially the interest of tourists visiting of Saronde island. Many factors can affect the interest of visiting, among other marketing communications and promotions that are still not good from the tour. Therefore, to increase the interest of visiting tourists, Department of Tourism of North Gorontalo makes marketing communications activities is Festival Pesona Saronde 2017 which is expected to run effectively and efficiently. In addition from managers to promote through social media instagram that aims to persuade tourists to visit. This can be measured from the media exposure campaign given account instagram @pulausaronde. The formulation of the problem in this research is to examine whether there is an influence between the effectiveness of the event Festival Pesona Saronde 2017 and media exposure of instagram promotion to the interest of visiting in Saronde island. The relevant theories in this research are event effectiveness, media exposure, visiting interest, marketing communication theory and new media theory. The method used is the explanatory quantitative approach by using multiple linear regression analysis. Data collection techniques by distributing questionnaires to 100 respondents who came at the festival pesona saronde 2017. The results of this study the effectiveness of the event Festival Pesona Saronde 2017 has a positive and significant influence on visiting interest with the value of regression coefficient of 0.185. Then exposure media promotion instagram have a positive and significant effect on interest in visiting with the value of regression coefficient of 0.205. And simultaneously the effectiveness of "Festival Pesona Saronde 2017" and media exposure of instagram promotion have a positive and significant influence on visiting interest with regression coefficient value of 0.287 with a percentage of 28.7%, while the remaining 71.3% is the influence of other variables not researched.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitas Eventen_US
dc.subjectFestival Pesona Saronde 2017en_US
dc.subjectTerpaan Mediaen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectMinat Berkunjungen_US
dc.subjectPulau Sarondeen_US
dc.subjecteffectiveness of eventen_US
dc.subjectFestival Pesona Saronde 2017en_US
dc.subjectmedia exposureen_US
dc.subjectinterest visitingen_US
dc.subjectsaronde islanden_US
dc.titleEfektivitas Event Festival Pesona Saronde 2017 dan Terpaan Media Promosi Instagram terhadap Minat Berkunjung di Wisata Pulau Saronde Provinsi Gorontaloen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record