Pelatihan Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Kebahagiaan Autentik Guru Di Sekolah Inklusi
Abstract
Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kebahagiaan autentik dari
seorang individu adalah kemampuannya untuk bersyukur. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan kebersyukuran terhadap
kebahagiaan autentik guru di sekolah inklusi di Yogyakarta. Studi perbandingan
telah dilakukan terhadap kelompok eksperimen (N = 17) dan kelompok kontrol (N
= 21). Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan untreated control
group design with pre-test and post-test. Kelompok eksperimen menerima
pelatihan kebersyukuran, sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasil uji hipotesis
dengan paired sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan skor kebahagiaan
autentik pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan
(p = 0.008; p < 0.05)
purpose of this study was to examine the effect of gratitude training to
increase the teachers’ authentic happiness. Participants of this research were
teachers of inclusive schools in Yogyakarta. The comparative study was
conducted toward the experimental group (N = 17) and control group (N = 21).
The study used the untreated control group design with pre-test and post-test
model. The experimental group was the ones who experienced gratitude training,
while the control group did not receive any intervention. Hypothesis test by paired
sample t-test indicated that there is a significant difference score of pre-test and
post-test of authentic happiness in experiment group (p = 0.008, p < 0.05).
Collections
- Master of Psychology [344]