Show simple item record

dc.contributor.advisorAnjar Priyono, SE., M.Si, Ph.D
dc.contributor.authorInggil Bhodi Kusuma, 15911106
dc.date.accessioned2018-02-26T10:36:53Z
dc.date.available2018-02-26T10:36:53Z
dc.date.issued2018-01-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5838
dc.description.abstractKapabilitas dinamis merupakan faktor penting bagi perusahaan dalam menciptakan inovasi layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapabilitas dinamis salah satu BUMN sektor energi dalam menciptakan inovasi layanan. Penelitian diawali dengan penjelasan konsep kapabilitas dinamis dilanjutkan identifikasi aktivitas dalam membangun kapabilitas dinamis. Metode penelitian yang dipergunakan adalah studi kasus dengan mempergunakan kasus tunggal. Unit analisis diuraikan menjadi tiga unit analisis. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan with in case analysis dan cross case analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas dinamis dapat dibangun melalui kolaborasi. Kolaborasi pembelajaran organisasi (Collaborative Organisational Learning / COL), kolaborasi kewaspadaan (Entrepreneurial Allertness / EA), keterlibatan pelanggan (Customer Engangement / CuE), kolaborasi agilitas (Collaborative Agility / CA), kolaborasi perencanaan operasional dan kolaborasi kemampuan inovasi (Collaborative Innovation Capacity / CIC) adalah kapabilitas dinamis yang terbentuk pada tahap sensing, seizing dan transforming melalui kolaborasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa proses kapabilitas dinamis dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi mengenai langkah yang harus diambil oleh perusahaan dalam membangun kapabilitas dinamis untuk menciptakan inovasi layanan melalui kolaborasi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan konsep kapabilitas dinamis. Dynamic capability is an important factor for companies in creating service innovation. This study aims to analyze the dynamic capability of one of the state-owned energy sector in creating service innovation. The research begins with an explanation of the concept of dynamic capability followed by the identification of activities in building dynamic capabilities. The research method used is case study using single case. The unit of analysis is broken down into three units of analysis. Data collection is done through interview, observation and documentation study. Data analysis was done with approach with in case analysis and cross case analysis. The results show that dynamic capabilities can be built through collaboration. Collaborative Organizational Learning (COL) Entrepreneurial Allertness (EA), Customer Engagement (CuE), Collaborative Agility (CA), Collaborative Innovation Capacity (CIC) Collaborative Innovation Capacity (CIC) ) is the dynamic capability formed at the stage of sensing, seizing and transforming through collaboration. The results also show that the process of dynamic capability is influenced by internal factors and external factors of the company. This study provides implications for the steps companies must take in building dynamic capabilities to create service innovation through collaboration. Based on these findings, this study has contributed to the development of the concept of dynamic capability.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKapabilitas Dinamisen_US
dc.subjectKolaborasien_US
dc.subjectInovasi Layananen_US
dc.subjectDynamic Capabilitiesen_US
dc.subjectCollaborationen_US
dc.subjectService Innovationen_US
dc.titleANALISIS KAPABILITAS DINAMIS PADA BUMN SEKTOR ENERGI DALAM MENCIPTAKAN INOVASI LAYANAN : STUDI KASUS PADA PT PLN (PERSERO)en_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record