Show simple item record

dc.contributor.advisorEry Arifudin, S.H.,M.H Umar Haris Sanjaya, S.H.,M.H
dc.contributor.authorFadly Alfiansyah, 13410484
dc.date.accessioned2018-02-21T10:05:35Z
dc.date.available2018-02-21T10:05:35Z
dc.date.issued2018-02-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5732
dc.description.abstractStudi ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pasal 4 Huruf (H) Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Bagi Konsumen Dalam Penyelesaian Sengketa. Rumusan masalah yang diajukan yaitu Bagaimanakah Penerapan Pasal 4 huruf (h) Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen bagi konsumen dalam Penyelesaian Sengketa? Apakah konsumen mau menggunakan haknya sebagaimana Pasal 4 huruf (h) Undang-undang No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen?. Penelitian ini termasuk tipologi penelitian yuridis empiris. Data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara dan studi dokumen/pustaka. Analisa dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan. Hasil studi ini menunjukkan sejauh mana masyarakat akan Menerapakan Pasal 4 Huruf (h) Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Bagi Konsumen Dalam Penyelesaian Sengketa belum dapat berjalan efektif. Dalam perjanjian jual beli dengan adanya unsur cacat kehendak, kurangnya kesadaran konsumen dan lemahnya peran aparat penegak hukum menjadi dua indikator bahwa perlindungan hak konsumen belum efektif. konsumen belum sepenuhnya menggunakan hak-haknya sebagai konsumen yang dirugikan. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keaktifan dari konsumen dalam memperjuangkan hak-haknya, diantaranya pertama, Tingkat kesadaran konsumen akan hak-haknya yang memang masih kurang. Penelitian ini merekomendasikan hendaknya LKY terus memberikan sosialisasi dan advokasi kepada konsumen terutama dalam menumbuhkan kesadaran akan hak-haknya sehingga adanya caat kehendak yang terjadi dalam perjanjian jual beli dapat diminimalisir dengan baik. Hendaknya aparat penegak hukum lebih meningkatkan peran dan fungsinya dalam hal penegakan hukum bagi konsumen yang dirugikan agar pelanggaran hukum yang dilakukan oleh penjual dalam transaksi jual beli yang mengandung cacat kehendak dapat diatasi dengan baiken_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEfektivitas Hukumen_US
dc.subjectHukum Perlindungan Konsumenen_US
dc.subjectPenerapan Hukumen_US
dc.titlePENERAPAN PASAL 4 HURUF (H) UNDANG-UNDANG NOMOR.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI KONSUMEN DALAM PENYELESAIAN SENGKETAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record