PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL DAN PENGEMBANGAN DESA SESUAI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Cibunian Pamijahan, Bogor, Jawa Barat Indonesia)
Abstract
Besarnya ketergantungan masyarakat desa terhadap lapangan kerja di perkotaan dan kurang pahamnya bagaimana pemanfaatan Sumber Daya Alam yang ada di sekitar Desa untuk dijadikan sumber pendapatan membuat tingkat kemiskinan semakin tinggi. Desa Cibunian mendirikan pendidikan non formal sebuah Sekolah Rimbawan Kecil yang bisa diikuti oleh anak usia dini. Kegiatan pembuatan demplot sayuran dan dapur hidup di Desa Cibunian juga merupakan program pengembangan desa dengan pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat dalam perspektif Ekonomi Islam baik aspek pendidikan dengan sekolah non formal maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat desa untuk menjawab suatu tantangan perekonomian global yang semakin besar dimasa akan datang. Metode penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian di dapat bahwa peran pendidikan nonformal dengan pembentukan Sekolah Rimbawan Kecil memberi dampak yang baik bagi para orang tua yang ingin memberi pendidikan tambahan bahkan pengganti dari pendidikan formal untuk anak mereka dan bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pengembangan desa melalui kegiatan pembuatan demplot sayuran dan dapur hidup yang di lakukan warga sudah sesuai dengan tujuannya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat sejalan dengan perspektif ekonomi islam sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
The high dependence of rural communities on urban employment and lack of understanding how the utilization of natural resources that exist around the village to be a source of income to make the poverty rate higher. Cibunian Village established a non formal education a small Rimbawan School that can be followed by early childhood. The activity of making vegetable and kitchen demplot living in Cibunian Village is also a village development program with community empowerment. The purpose of this study is to improve the level of community welfare in the perspective of Islamic Economics both aspects of education with non-formal schools and community empowerment activities to respond to an increasingly global economic challenges in the future. This research method is qualitative descriptive method with data source used is case study approach. Based on the analysis that has been done, it is found that the role of non formal education with the formation of small Rimbawan School has a good impact for parents who want to provide additional education even substitute of formal education for their child and form of community empowerment activity in village development effort through the activities of making vegetable and living kitchen demonstration plots are done in the villagers are in accordance with the goal to achieve the welfare of society in line with the Islamic economic perspective as the fulfillment of daily needs.
Collections
- Islamic Economics [826]