dc.description.abstract | Kuantitas mahasiswa sekarang tidak berbanding lurus dengan kualitas yang nyata. Faktor pendukung adanya lulusan yang berkualitas tentu perlu menengok proses peningkatan kualitas lulusannya. Belakangan ini fungsi bimbingan akademik mulai terbengkalai yang menjadikan hubungan dosen dan mahasiswa hanya sebatas di perkuliahan saja. Selain adanya kurikulum pendidikan di perguruan tinggi yaitu perkuliahan, bimbingan akademik juga mempunyai peranan besar dalam proses menciptakan lulusan yang unggul. Tetapi proses terciptanya bimbingan akademik ini memiliki hal yang mendasar yaitu pola interaksi antara dosen pembimbing akademik dengan mahasiswa. Untuk itu bagaimana pola interaksi Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dengan mahasiswa prodi PAI UII, bagaimana peran DPA dan mahasiswa meningkatkan kualitas bimbingan akademik dan lulusan PAI UII, bagaimana usaha prodi mengoptimalkan peran (DPA) untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan/field research, dimana pengumpulan data dilakukan dengan mengambil unit penelitiannya adalah sivitas intansi pendidikan perguruan tinggi dan metode yang digunakan ialah kualitatif. Metode ini digunakan untuk menemukan pola, situasi sosial, hipotesis, dan teori.
Simpulan penelitian ini adalah antara pola interaksi yang sangat majemuk dari setiap dosen erat kaitannya dengan terciptanya dinamika bimbingan akademik. Demi meningkatkan kualitas lulusan prodi PAI UII, perlu adanya evaluasi pada efektifitas interaksi melalui kontak sosial dan komunikasi antara DPA dan mahasiswa. Dengan begitu harapan bimbingan akademik yang memuat bimbingan terkait perkuliahan, konseling, dan pengembangan potensi akan berjalan ideal. Secara otomatis kualitas mahasiswa sebagai calon lulusan akan mempunyai kompetensi yang komplit baik hard skill maupun soft skill. | en_US |