Show simple item record

dc.contributor.advisorSujitno
dc.contributor.authorHARISH WIEN SAPUTRA, 13410529
dc.date.accessioned2018-02-20T14:33:56Z
dc.date.available2018-02-20T14:33:56Z
dc.date.issued2018-02-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5682
dc.description.abstractABSTRAK Penelitian ini berjudul “PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG MENYESATKAN (Studi Kasus Pada Produk “Kangen Water”). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen atas adanya iklan yang menyesatkan dan bentuk tanggung jawab yang diberikan pelaku usaha atas adanya iklan yang menyesatkan. Rumusan masalah yang diajukan yaitu: Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen atas iklan yang menyesatkan pada produk “Kangen Water”? dan Bagaimana tanggung jawab pelakau usaha “Kangen Water” terhadap kerugian yang timbul akibat adanya iklan yang menyesatkan? Penelitian ini termasuk tipologi penelitian hukum Normatif. Teknik pengumpulan data dilakukan penulis dengan cara mengkaji kasus melalui peraturan perundang-undanagan yang berlaku serta melakukan wawancara kepada naras umber yaitu; Konsumen “Kangen Water”, Pelaku Usaha “Kangen Water”, dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Metode pendekatan yang dilakukan penulis yaitu pendekatan yuridis normatif dengan pengolahan hasil penelitian menggunakan analisa data yang disajikan dengan menggunakan metode diskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan hukum bagi konsumen terhadap iklan yang menyesatkan masih lemah. Kelemahan tersebut mencakup bahwa belum ada peraturan undang-undang yang secara khusus mengatur iklan yang dapat digunakan sebagai pedoman oleh pelaku usaha dan masih dijumpai hak konsumen yang tidak dipenuhi oleh pelaku usaha yaitu hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur belum terpenuhi pada iklan suatu produk. Prinsip tanggung jawab pelaku usaha adalah tanggung jawab mutlak (strict liability) namun, masih ditemukan adanya konsumen yang belum mendapatkan ganti rugi terhadap kerugian yang diderita atas adanya iklan yang menyesatkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerlindungan Hukumen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectKangen Wateren_US
dc.titlePERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG MENYESATKAN (Studi Kasus pada Produk Kangen Water)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record