Analisis Kecelakaan Lalulintas pada Ruas Jalan Jogja - Solo Tahun 2004
Abstract
Ruas jalan Jogja-Solo merupakan jalan ulama sebagai penghubung Kota
Solo dan Yogyakarta. Sebagai konsekuensinya, maka pergerakan lalulintas di ruas
jalan Jogja-Solo dari tahun ke tahun cukup tinggi dan lerus mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecelakaan pada ruas jalan Jogja-
Solo (km 8 - km 28), dengan cara menentukan daerah rawan kecelakaan (DRK),
angka kecelakaan, mengevaluasi karakteristik kecelakaan dan faktor-faktor
penyebabnya.
Data yang digunakan untuk menganalisis adalah data primer yang
didapatkan dari hasil pengamatan dan data sekunder yang merupakan catatan
mengenai data kecelakaan dalam wilayah penelitian serta instansi terkait seperti dari
Kepolisian Resort Sleman &Resort Klaten, Rumah Sakit Dr. Soeradji Tirtonegoro
Klaten, kantor Biro Pusat Statistik DIY dan kantor Samsat DIY selama satu tahun
terakhir (tahun 2004). Data yang diperoleh dianalisis dengan metode "black spot"
dan "blacksite".
Hasil analisis menunjukkan bahwa Daerah Rawan Kecelakaan lalulintas
pada ruas jalan Jogja-Solo terdapat pada Km 9, Km 11,5 , Km 12, dan Km 16.
Selama tahun 2004 jumlah kecelakaan sebanyak 19 kasus dengan permcian korban
meninggal dunia 4 orang, luka berat 9 orang, dan luka ringan 12 orang. Tipe
kecelakaan yang sering terjadi adalah depan - samping sebesar 36,84%. Jems
kendaraan yang sering terlibat kecelakaan yaitu sepeda motor sebesar 36,84%.
Waktu terjadinya kecelakaan yang sering terjadi antara jam 08 01 - 12.00 WIB
sebesar 36,84%. Tingkat pendidikan terakhir pelaku yang terbanyak adalah SMU
sebesar 37,84%. Jenis kelamin yang sering terlibat kecelakaan adalah laki-laki
sebesar 60,65%>. Usia korban kecelakaan terbesar adalah umur 15-24 tahun sebesar
34,90%o. Status pelaku yang sering terlibat kecelakaan adalah swasta sebesar
54,05%.
Collections
- Civil Engineering [4194]