Show simple item record

dc.contributor.authorAlmira Nabila, 13321085
dc.date.accessioned2018-02-19T11:28:29Z
dc.date.available2018-02-19T11:28:29Z
dc.date.issued2017-11-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5572
dc.description.abstractAlmira Nabila. 13321085. Customer Relationship Management Industri Kratif dalam Memanfaatkan Teknologi Komunikasi. Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia. 2017. Perkembangan teknologi yang semakin canggih mengubah cara-cara dalam berkomunikasi. Banyaknya penduduk Indonesia yang telah terhubung ke internet dan banyaknya pengguna internet yang pernah bertransaksi secara online merupakan kesempatan yang besar bagi perusahaan. Keadaan ini-pun dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk menghubungkan dirinya dengan pelanggan. Kehadiran teknologi komunikasi juga mengubah cara-cara perusahaan dalam menghubungkan dirinya dengan pelanggan mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan dan mendeskripsikan hasil data penelitian secara lengkap. Adapun proses penelitian dilakukan di kantor dan gerai Dagadu Djokdja pada tanggal 6 dan 30 Maret 2017 serta gerai Jogist pada tanggal 11 Februari 2017. Hasil penelitian yang berhasil ditemukan pada Dagadu Djokdja dan Jogist ialah dilakukan beberapa kegiatan komunikasi pelayanan konsumen melalui situs, Twitter, Instagram, dan Facebook. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi 1) Mengidentifikasi pelanggan, 2) Memahami pelanggan, 3) Pengembangan proposisi nilai, 4) Mendapatkan pelanggan baru dan merawat pelanggan. Selain itu, terdapat faktor-faktor pendukung yaitu, akses informasi dan pelanggan yang mudah dijangkau, bahasa yang ramah, data pelanggan yang mudah didapat, respon yang cepat dari pelanggan, kegemaran belanja online, dan besarnya kebutuhan cinderamata khas Yogyakarta. Sedangkan faktor penghambat yang terindentifikasi adalah tidak meratanya keaktifan jejaring sosial, perbedaan pemahaman balasan admin, pesaing, biaya ekspedisi yang mahal, dan keamanan akun. The developments in technology are fundamentally altering the way people communicate with each other. The number of residents of Indonesia that has been connected to the internet and the number of internet users who already did transaction online is a great opportunity for the company. These circumstances are used by the compenies to connect themself with business customers. The presence of communication technology is also changing the ways of how companies build a relationship with the customers. The method that used in this research is qualitative descriptive which can explain and describe completely.As for the process of the research conducted in the offices and outlets of Dagadu Djokdja on March 6 and March 30, 2017 and outlets of Jogist on February 11, 2017. From the research, it found that there are some activities of Customer Relationship Management through the site, Twitter, Facebook, and Instagram. Those activities are 1) Identify their customers, 2) Understanding the customers by collecting complete data, 3) Develop a value proposition, 4) Obtaining new customers and maintenance old customers. Futhermore, there are some supporting factors that were identified including,Information and customer that easy to reach, friendly language, customer’s data that is easy to get, a quick feedback from customers, the increase of online shopping behavior, and the magnitude of the needs of Yogyakarta’s souvenir. Whilst, the inhibiting factors that were identified are uneven activity of each networking sites, a difference of understanding the admin’s replies, competitors, the expensive cost of expedition, and the security of the site and a social networking account.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectCustomer Relationship Managementen_US
dc.subjectTeknologi Komunikasien_US
dc.subjectWebsiteen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectIndustri Kreatifen_US
dc.subjectCommunication Technologyen_US
dc.subjectSocial Mediaen_US
dc.subjectCreative Industryen_US
dc.titleCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT INDUSTRI KREATIF DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASIen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record