PENGARUH PANGSA PASAR, RASIO LEVERAGE, RASIO INTENSITAS MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN TINGKAT PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2010
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variable pangsa pasar, leverage, rasio intensitas modal, tingkat perputaran modal kerja dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap profitabilitas. Penelitian dilakukan dengan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memiliki laba dan modal yang positif selama periode 2007-2010. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda (multiple regression), dengan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas data, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa : (1) secara parsial menunjukkan variable rasio leverage, intensitas modal dan size berpengaruh signifikan terhadap ROA pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan variable pangsa pasar dan perputaran modal kerja tidak berpengaruh terhadap ROA perusahaan manufaktur di BEI. (2) secara parsial menunjukkan variable intensitas modal dan perputaran modal kerja berpengaruh signifikan terhadap ROE perusahaan manufaktur di BEI, sedangkan variable pangsa pasar, rasio leverage dan size tidak berpengaruh terhadap ROE perusahaan manufaktur di BEI.
Collections
- Akuntansi [4399]