Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Al Khairiyyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran di SMP Al
Khairiyyah. Mata pelajaran ini memegang peranan cukup penting dalam kurikulum
SMP Al Khairiyyah. Tujuan diajarkan mata pelajaran PAI adalah membekali siswa
dengan pengetahuan agama islam. Nilai yang diperoleh siswa mencerminkan prestasi
belajar. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah
kreativitas guru dalam mengajar. Berdasarkan komentar guru dalam proses
pembelajaran masih dijumpai guru mata pelajaran PAI dalam menyampaikan materi
masih monoton, yaitu melalui metode ceramah, memberi catatan, dan latihan-latihan
untuk dikerjakan siswa. Selain itu, guru juga kurang kreatif seperti halnya masih belum
sepenuhnya memanfaatkan media belajar yang tersedia di sekolah. Hal tersebut
tentunya juga mengakibatkan prestasi belajar yang dicapai siswa belum optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru mengajar
terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP
Al Khairiyyah Kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah semua
siswa kelas VII SMP Al Khairiyyah kota Tegal Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah
100 siswa. Berdasarkan hal tersebut, berhubung keseluruhan siswa kelas VII berjumlah
100 siswa, maka dalam penelitian ini seluruh objek penelitian ikut diteliti, karena itu
penelitian ini disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik
analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara
kreativitas guru mengajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam pada siswa kelas VII SMP Al Khairiyyah tahun ajaran 2016/2017. Ditunjukkan
dari hasil analisis regresi sederhana didapatkan F hitung> F tabel (32,548>4,13), dan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (p<0,05), dengan besarnya pengaruh sebesar 24,2%.
Collections
- Islamic Education [862]