Penerapan Model Pendidikan Islam Terpadu Dalam Mencetak Generasi Unggulan Di SD IT Assalaam Sanden Bantul
Abstract
Sekolah bukan hanya tempat siswa dididik ilmu pengetahuan dan teknologi
semata, tetapi sebagai tempat mendapatkan pendidikan dan pengalaman di
berbagai bidang termasuk pergaulan sosial dengan mengedepankan Akhlaqul
Karimah. Selain itu maraknya kasus kenakalan remaja dan degradasi moral
bangsa juga menjadi momok tersendiri bagi orang tua untuk memilihkan
pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya yang mampu mengedepankan ilmu
dunia dan ilmu akhirat. Sehingga sekolah dituntut untuk menyediakan sistem
pendidikan yang komprehensif meliputi perbaikan sarana fisik dan kurikulum
yang bermutu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu
menekankan pada penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data
menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi pada SD IT
Assalaam Sanden, Bantul. Data penelitian ini juga dikumpulkan dari bahan-bahan
kepustakaan dalam bentuk buku, jurnal dan sumber kepustakaan lainnya yang
berhubungan dengan peran sekolah Islam dalam mencetak generasi unggul.
Adapun dari hasil penelitian ini, karakteristik model pendidikan Islam Terpadu
meliputi; (1) Keterpaduan kurikulum yang merupakan perpaduan antara
penddidikan umum dan pendidikan agama. (2) Keterpaduan Metode
Pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik. Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah,
ruhiyah dan jasadiyah. Dalam penyelenggaraannya memadukan keterlibatan dan
partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan
masyarakat. Keterpaduan metode ini menjadikan siswa dapat
mengoptimalkan potensi-potensi yang dimilikinya. (3) Full Day School, dimana
siswa tidak hanya melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di kelas saja, namun
ada kegiatan olah raga, mengaji Al Qur'an, Sholat Dhuha, Sholat Berjamaah,
makan siang bersama, mabit (bermalam), pengembangan bakat (ekstra kurikuler),
kunjungan dan studi visual. (4) Pendidik Sekolah Islam Terpadu adalah orang-
oarang yang memiliki kompetensi dibidang pengajaran dan memprioritaskan
siswa agar menjadi sholeh.