Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Hujair AH. Sanaky, MSI.
dc.contributor.authorBoinem
dc.date.accessioned2018-01-15T14:38:57Z
dc.date.available2018-01-15T14:38:57Z
dc.date.issued2016-07-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5200
dc.description.abstractSekolah bukan hanya tempat siswa dididik ilmu pengetahuan dan teknologi semata, tetapi sebagai tempat mendapatkan pendidikan dan pengalaman di berbagai bidang termasuk pergaulan sosial dengan mengedepankan Akhlaqul Karimah. Selain itu maraknya kasus kenakalan remaja dan degradasi moral bangsa juga menjadi momok tersendiri bagi orang tua untuk memilihkan pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya yang mampu mengedepankan ilmu dunia dan ilmu akhirat. Sehingga sekolah dituntut untuk menyediakan sistem pendidikan yang komprehensif meliputi perbaikan sarana fisik dan kurikulum yang bermutu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu menekankan pada penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi pada SD IT Assalaam Sanden, Bantul. Data penelitian ini juga dikumpulkan dari bahan-bahan kepustakaan dalam bentuk buku, jurnal dan sumber kepustakaan lainnya yang berhubungan dengan peran sekolah Islam dalam mencetak generasi unggul. Adapun dari hasil penelitian ini, karakteristik model pendidikan Islam Terpadu meliputi; (1) Keterpaduan kurikulum yang merupakan perpaduan antara penddidikan umum dan pendidikan agama. (2) Keterpaduan Metode Pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sekolah Islam Terpadu juga memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah. Dalam penyelenggaraannya memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif lingkungan belajar yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. Keterpaduan metode ini menjadikan siswa dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang dimilikinya. (3) Full Day School, dimana siswa tidak hanya melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di kelas saja, namun ada kegiatan olah raga, mengaji Al Qur'an, Sholat Dhuha, Sholat Berjamaah, makan siang bersama, mabit (bermalam), pengembangan bakat (ekstra kurikuler), kunjungan dan studi visual. (4) Pendidik Sekolah Islam Terpadu adalah orang- oarang yang memiliki kompetensi dibidang pengajaran dan memprioritaskan siswa agar menjadi sholeh.id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.titlePenerapan Model Pendidikan Islam Terpadu Dalam Mencetak Generasi Unggulan Di SD IT Assalaam Sanden Bantulid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record