Komunikasi Interpersonal Wali Kelas dalam Menanamkan Nilai-nilai Akidah Akhlak pada Siswa di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta
Abstract
Penanaman nilai-nilai akidah-akhlak merupakan hal yang penting, terutama
untuk siswa sekolah dasar. Proses penanaman nilai-nilai akidah-akhlak pada siswa
sekolah dasar tidak terlepas dari peran komunikasi wali kelas. Tujuan penelitian ini
adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan
wali kelas dalam menanamkan nilai-nlilai akidah-akhlak pada siswa, (2) Mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat komunikasi interpersonal yang dilakukan
wali kelas dalam menanamkan nilai-nilai akidah-akhlak pada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif
yang mengambil latar di SD Muhammadiyah Pringgokusuman Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Setelah semua data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan tekhnik analisa
kualitatif dengan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian adalah: Pertama, proses komunikasi interpersonal yang
dilakukan wali kelas tidak hanya melalui perkataan saja, tetapi juga tindakan seharihari,
yang kemudian menjadi contoh siswa dalam berperilaku. Nilai-nilai akidahakhlak
yang ditanamkan adalah: ketakwaan, menjaga kesucian, kedisiplinan,
kejujuran, menepati janji, lemah lembut dan kasih sayang kepada sesama, serta saling
tolong menolong. Kedua, faktor penghambat dalam berkomunikasi dengan siswa,
yaitu: kurang antusiasnya siswa dalam menanggapi komunikasi yang dilakukan oleh
wali kelas serta belum mau terbuka dalam menceritakan masalah yang dihadapinya.
Namun semua bisa diatasi dengan ketekunan dan kesabaran wali kelas.