Show simple item record

dc.contributor.authorShasha, Ida Bagus Dinda Tiara
dc.date.accessioned2024-07-11T01:33:34Z
dc.date.available2024-07-11T01:33:34Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50706
dc.description.abstractSebagai organisasi manajemen, sebuah usaha kuliner membutuhkan public relations untuk membangun hubungan positif dengan pihak eksternal dengan tujuan menciptakan citra dan reputasi positif yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan di mata publik. Eksternal Public Relations juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal sebuah organisasi dan berinteraksi. Waroeng Spesial Sambal merupakan salah satu usaha kuliner popular di Indonesia yang berasal dari Yogyakarta dengan ciri khas sebagai pelopor kuliner sambal yang ikonik dengan menonjolkan beragam pilihan sambal dan lauk yang familiar dengan selera masyarakat Indonesia. Waroeng Spesial Sambal dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini sebab perkembangan usahanya yang pesat dengan memanfaatkan ciri khas brand, keunikan standar pelayanan, serta cara membangun interaksi dengan pihak eksternal yang menarik sehingga dapat mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan bisnis serupa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh Waroeng Spesial Sambal dalam menjalin hubungan dengan pihak eksternalnya. Data dalam Penelitian ini diperoleh melalui wawancara yang dilakukan dengan perwakilan manajemen dan PR Waroeng Spesial Sambal serta pihak eksternal yang terlibat dalam operasional perusahaan yaitu konsumen, masyarakat umum, dan lembaga mitra. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan dalam periode waktu Agustus 2023 hingga Januari 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa Waroeng Spesial Sambal berfokus menjalin hubungan dengan konsumen, masyarakat umum sekitar outlet, dan lembaga mitra. Pemetaan stakeholders dilakukan dengan stakeholding mapping theory untuk mengetahui prioritas stakeholder berdasarkan kepentingan dan kuasa mereka. Strategi komunikasi eksternal yang digunakan oleh Waroeng Spesial Sambal adalah komunikasi melalui media sosial, pengadaan layanan hotline, optimalisasi pelayanan, dan pengadaan CSR yang bekerja sama dengan lembaga mitra. Dengan demikian, strategi komunikasi eksternal yang dilakukan diharapkan dapat mempertahankan citra dan loyalitas pelanggan, mencapai tujuan perusahaan, dan menjaga hubungan positif dengan pihak eksternal.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPublic Relationsen_US
dc.subjectWaroeng Spesial Sambalen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Eksternalen_US
dc.titleStrategi Public Relations Waroeng Spesial Sambal dalam Komunikasi dengan Stakeholder Eksternalen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19321027


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record