dc.description.abstract | Sebagai organisasi manajemen, sebuah usaha kuliner membutuhkan public relations untuk
membangun hubungan positif dengan pihak eksternal dengan tujuan menciptakan citra dan
reputasi positif yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas perusahaan di mata
publik. Eksternal Public Relations juga menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengenal
sebuah organisasi dan berinteraksi. Waroeng Spesial Sambal merupakan salah satu usaha
kuliner popular di Indonesia yang berasal dari Yogyakarta dengan ciri khas sebagai pelopor
kuliner sambal yang ikonik dengan menonjolkan beragam pilihan sambal dan lauk yang
familiar dengan selera masyarakat Indonesia. Waroeng Spesial Sambal dipilih sebagai subjek
dalam penelitian ini sebab perkembangan usahanya yang pesat dengan memanfaatkan ciri khas
brand, keunikan standar pelayanan, serta cara membangun interaksi dengan pihak eksternal
yang menarik sehingga dapat mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan bisnis
serupa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan strategi
yang dilakukan oleh Waroeng Spesial Sambal dalam menjalin hubungan dengan pihak
eksternalnya. Data dalam Penelitian ini diperoleh melalui wawancara yang dilakukan dengan
perwakilan manajemen dan PR Waroeng Spesial Sambal serta pihak eksternal yang terlibat
dalam operasional perusahaan yaitu konsumen, masyarakat umum, dan lembaga mitra.
Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan dalam periode waktu Agustus 2023 hingga
Januari 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa Waroeng Spesial Sambal berfokus menjalin
hubungan dengan konsumen, masyarakat umum sekitar outlet, dan lembaga mitra. Pemetaan
stakeholders dilakukan dengan stakeholding mapping theory untuk mengetahui prioritas
stakeholder berdasarkan kepentingan dan kuasa mereka. Strategi komunikasi eksternal yang
digunakan oleh Waroeng Spesial Sambal adalah komunikasi melalui media sosial, pengadaan
layanan hotline, optimalisasi pelayanan, dan pengadaan CSR yang bekerja sama dengan
lembaga mitra. Dengan demikian, strategi komunikasi eksternal yang dilakukan diharapkan
dapat mempertahankan citra dan loyalitas pelanggan, mencapai tujuan perusahaan, dan
menjaga hubungan positif dengan pihak eksternal. | en_US |