Show simple item record

dc.contributor.authorZachary, Achmad Shafly
dc.date.accessioned2024-07-08T03:07:05Z
dc.date.available2024-07-08T03:07:05Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50654
dc.description.abstractE-learning bukan lagi sebuah pilihan dalam melakukan sebuah proses pembelajaran namun sudah menjadi keharusan dengan perkembangan teknologi dan dinamika pendidikan saat ini. Tingkat pertumbuhan e-learning pun sudah mulai berkembang pesat dengan perkiraan 21,6 juta pengguna pada tahun 2029. Hal ini mengharuskan setiap institusi yang mengadakan proses pelatihan maupun pendidikan secara e-learning harus mulai bersiap. Penelitian ini mengkaji faktor faktor lingkungan e-learning yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta e-learning. Penelitian dilakukan pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Ibn Khaldun Bogor yang pada saat ini dilakukan secara e-learning dengan jumlah 147 responden. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan 9 variabel berupa 1 variabel terikat yaitu kepuasan peserta e-learning dan 8 variabel bebas yang merupakan faktor-faktor lingkungan e-learning yang akan mempengaruhi kepuasan. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pada penelitian ini didapatkan bahwa keseluruhan variabel bebas berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta e-learning dengan 4 diantaranya berpengaruh secara signifikan, yaitu faktor fleksibilitas e-learning, kualitas teknologi, kualitas internet, dan interaksi dalam lingkungan e-learning. Peneliti berharap penelitian ini dapat dikembangkan pada pelatihan pelatihan lainnya dan dikembangkan dengan faktor faktor lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectE-learningen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectPengembangan SDMen_US
dc.subjectTeknologien_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titleFaktor Lingkungan E-learning yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan: Studi Pada Peserta Pendidikan Profesi Guru Secara Daring di Universitas Ibn Khaldun Bogoren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20911037


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record