dc.description.abstract | E-learning bukan lagi sebuah pilihan dalam melakukan sebuah proses pembelajaran namun sudah
menjadi keharusan dengan perkembangan teknologi dan dinamika pendidikan saat ini. Tingkat
pertumbuhan e-learning pun sudah mulai berkembang pesat dengan perkiraan 21,6 juta pengguna
pada tahun 2029. Hal ini mengharuskan setiap institusi yang mengadakan proses pelatihan maupun
pendidikan secara e-learning harus mulai bersiap. Penelitian ini mengkaji faktor faktor lingkungan
e-learning yang berpengaruh terhadap kepuasan peserta e-learning. Penelitian dilakukan pada
program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Ibn Khaldun Bogor yang pada saat ini
dilakukan secara e-learning dengan jumlah 147 responden. Penelitian ini dilakukan dengan
metode kuantitatif dengan 9 variabel berupa 1 variabel terikat yaitu kepuasan peserta e-learning
dan 8 variabel bebas yang merupakan faktor-faktor lingkungan e-learning yang akan
mempengaruhi kepuasan. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square
(PLS) dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pada penelitian ini didapatkan bahwa
keseluruhan variabel bebas berpengaruh positif terhadap kepuasan peserta e-learning dengan 4
diantaranya berpengaruh secara signifikan, yaitu faktor fleksibilitas e-learning, kualitas teknologi,
kualitas internet, dan interaksi dalam lingkungan e-learning. Peneliti berharap penelitian ini dapat
dikembangkan pada pelatihan pelatihan lainnya dan dikembangkan dengan faktor faktor lainnya. | en_US |