Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Kontrol Diri pada Siswa Yang Memiliki Perilaku Membolos
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui secara empiris pengaruh konseling kelompok realitas dalam meningkatkan kontrol diri siswa yang memiliki perilaku membolos. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan kontrol diri responden sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok realitas. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah enam orang siswa yang memiliki kontrol diri pada ketegori sedang dan rendah serta memiliki riwayat membolos sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design dan skala yang digunakan untuk mengukur kontrol diri siswa adalah Self-control Scale yang diadaptasi dari Tangney, Baumeister, dan Boone (2004). Analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon. Adapun hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan kontrol diri siswa sebelum dan setelah diberikan konseling kelompok realitas. Hasil tersebut dapat dilihat dari analisis statistik yang telah dilakukan yaitu nilai (p<0.05). Setelah konseling kelompok dilaksanakan, terjadi perubahan yang signifikan pada kontrol diri siswa yang memiliki perilaku membolos.
Collections
- Master of Psychology [344]