Roll Film TOMO 400 Buatan Dalam Negeri Dengan Harga Ekonomis
Abstract
Dewasa ini semua manusia dimudahkan dengan adanya kemajuan teknologi pada bidang digital
untuk mengabadikan momen, membuat sebuah karya, dan membagikannya ke social media atau
media digital secara cepat dan mudah. Namun terlepas dari kemajuan teknologi yang memunculkan
kamera digital yang canggih dan baru, terdapat fenomena meningkatnya tren pada fotografi kamera
analog atau kamera yang berisi roll film. Setelah tren fotografi kamera analog hilang selama kurang
lebih belasan tahun, pada tahun 2018 muncul sebuah komunitas fotografi analog bernama
“Komunitas Kamera Ria Jakarta” yang menjadi cikal bakal lahirnya kembali tren fotografi kamera
analog.. Berdasarkan penjelasan diatas dapat membangun argumentasi bahwa bahwa bisnis dan
industri roll film memiliki potensi prospek yang bagus. Dengan begitu kami memutuskan untuk
memproduksi roll film produksi dalam negeri yang kami beri nama “TOMO 400”. Tujuan penulis
membuat rintisan bisnis pada program jalur kewirausahaan ini adalah bagaimana cara memproduksi
dan memasarkan produk “TOMO 400” sebagai produk inovatif roll film berkualitas dan dapat
dijual dengan harga yang dapat dijangkau para konsumen roll film serta dapat menunjang
keberlanjutan komunitas fotografi analog agar terus berkembang. Manfaat yang diharapkan dari
program rintisan bisnis ini adalah memberikan peluang bisnis baru dalam industry roll film di
Indonesia untuk dapat bersaing dengan jajaran produk pabrikan dari luar negeri dan Meningkatkan
kreativitas pegiat fotografi khususnya fotografi analog, meningkatkan jumlah pegiat analog dengan
menawarkan produk yang memiliki harga terjangkau, serta dengan menambahnya jumlah pegiat
analog maka akan berdampak pada meningkatnya tren fotografi analog. Pada metode analisis
perintisan bisnis ini saya menggunakan metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and
Threat) dan BMC (Business Model Canvass). Berdasarkan hasil perintisan bisnis yang kami lakukan
selama 4 bulan terakhir yaitu penjualan selama periode bulan November – Desember tahun 2023
menunjukkan pertumbuhan penjualan yang signifikan yaitu sebanyak 94 buah roll film.
Pertumbuhan penjualan tersebut menjadi indicator bahwa inovasi roll film produksi lokal dengan
harga jual yang terjangkau berhasil menarik minat konsumen. Review yang diberikan oleh
konsumen yang sudah membeli produk TOMO “400” cukup memberikan kritik dan saran yang
cukup positif dan sangat membantu kami untuk terus meningkatkan pelayanan serta kualiatas
produk demi memenuhi kepuasan konsumen.
Collections
- Economics [2260]