Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Penggunaan Electronic Money Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Adanya sistem pembayaran non tunai yang semakin populer membuat masyarakat
terutama mahasiswa lebih mudah untuk bertransaksi. Sehingga perlu adanya analisis
faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan uang elektronik di kalangan mahasiswa.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi pada mahasiswa
Universitas Islam Indonesia yang menggunakan electronic money. Pemilihan sampel
dilakukan menggunakan Purposive Sampling dan metode analisis data yang digunakan
adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek persepsi
manfaat (X1), persepsi kontrol (X3), norma subjektif (X4), dan pengetahuan tentang riba
(X5) mampu mempengaruhi perilaku penggunaan electronic money. Sedangkan persepsi
kemudahan (X2) berpengaruh positif namun tidak mampu mempengaruhi perilaku
penggunaan electronic money. Hasil tersebut dapat dimaknai bahwa semakin tinggi aspek
persepsi manfaat, persepsi kontrol, norma subjektif, dan pengetahuan tentang riba akan
mempengaruhi perilaku penggunaan electronic money mahasiswa Universitas Islam
Indonesia.
Collections
- Islamic Economics [855]