Sinergi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI SMP di Kecamatan Panggang Gunungkidul
Abstract
Pengawas dan kepala sekolah memiliki tugas yang sama, yaitu melakukan
supervisi akademik terhadap guru. Supervisi tersebut akan menghasilkan sesuatu
yang lebih baik jika ada sinergi antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sinergi pengawas dan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan
kinerja guru PAI SMP di kecamatan Panggang Gunungkidul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
kantor Pokjawas PAI Gunungkidul dan SMP di kecamatan Panggang, meliputi
SMPN 1 Panggang, SMPN 2 Panggang, dan SMPN 3 Panggang dengan waktu
penelitian selama tiga bulan, sejak Januari sampai dengan Maret tahun 2017.
Informan dalam penelitian ini adalah pengawas PAI yang membina di kecamatan
Panggang, kepala sekolah dan guru PAI SMPN 1 Panggang, SMPN 2 Panggang,
dan SMPN 3 Panggang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Uji keabsahan data terdiri dari uji kredibilitas dan uji
konfirmabilitas. Uji kredibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan,
peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber maupun teknik. Sedangkan uji
konfirmabilitas data dengan cara mengkonfirmasi hasil wawancara yang sudah
diketik rapi kepada informan yang diwawancarai. Analisis data dengan teknik
analisis model interaktif, dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sinergi antara pengawas dan
kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru PAI SMP di kecamatan
Panggang sudah berjalan dengan baik. Sinergi antara pengawas dan kepala sekolah
dapat dilihat dari kerjasama dan koordinasi dalam pembinaan melalui MGMP PAI
SMP kecamatan Panggang, supervisi akademik, dan saling berbagi informasi
mengenai kinerja guru PAI.