Show simple item record

dc.contributor.authorFahmi, Alwiyah Alfinnatika
dc.date.accessioned2024-06-24T03:33:39Z
dc.date.available2024-06-24T03:33:39Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50217
dc.description.abstractPenggunaan metode pembelajaran memberikan peran sentral dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Ditengah gemuruhnya metode pembelajaran Al-Qur’an SD Islam Cahaya Ilmu dengan segala pertimbangannya memilih metode ummi sebagai acuan pembelajaran Al-Qur’an. Implementasi metode ummi di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang menjadikan wadah bagi peserta didik untuk dapat istiqomah dalam menghafalkan Al-Qur’an dan membaca dengan tartil. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk menganalisis kontribusi metode ummi dalam meningkatkan motivasi menghafal dan membaca tartil pada peserta didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pnelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, sumber informan wawancara adalah seseorang yang ikut berkontribusi langsung terhadap pembelajaran metode ummi, seperti: kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru Al-Qur’an dan peserta didik. Penentuan informasi menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data dan verifikasi sumber data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian implementasi metode ummi terhadap motivasi menghafal dan membaca tartil di SD Islam Cahaya Ilmu bahwa 1) Materi jilid metode ummi dikemas dengan penjelasan yang mudah dipahami. 2) Nada baca metode ummi lebih mudah untuk ditirukan. 3) Belajar dengan metode ummi menyenangkan. 4) Memiliki target yang jelas sehingga peserta didik istiqomah menambah hafalan setiap harinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode ummi mampu memberikan dorongan atau motivasi terhadap peserta didik. Selain itu, motivasi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor intrinsik saja, tetapi faktor ekstrinsik juga berperan sangat penting dalam berlangsungnya pembelajaran Al-Qur’an.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Ummien_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.titleImplementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al- Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17422188


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record